Pilihan Media Sosial untuk Berjualan

Pilihan berjualan di media sosial terbuka luas bagi siapa pun. Dengan memanfaatkan platform media sosial tersebut, produk atau layanan yang ditawarkan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Beragam platform media sosial juga menawarkan fitur khusus bagi bisnis yang tujuannya dapat membantu penjual untuk lebih fokus dalam berjualan, seperti WhatsApp Bisnis, Facebook Bisnis, Instagram Bisnis, dan TikTok Shop.

WhatsApp Bisnis

Saat ini, WhatsApp tidak hanya menjadi media untuk komunikasi tetapi mulai dipilih sebagai media untuk bisnis. Melalui WhatsApp Bisnis, Anda dapat menunjukkan produk yang Anda jual beserta harga dan deskripsinya. WhatsApp Bisnis menjadi toko online yang memudahkan konsumen bertanya mengenai apa yang Anda jual.

Tidak masalah jika Anda menggunakan media sosial lain, misalnya Instagram, namun untuk menarik konsumen agar lebih mudah berkomunikasi dengan Anda sebagai penjual, sertakan link di Instagram yang bisa langsung terhubung dengan kontak WhatsApp Bisnis toko online Anda.

Facebook Bisnis

Facebook tetap menjadi platform media sosial yang paling diminati untuk kegiatan berjualan. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis Anda untuk menggunakan Facebook dan memanfaatkannya sebagai sarana untuk berinteraksi dengan konsumen. Berikut adalah langkah sederhana untuk memulai bisnis Anda di Facebook.

Pertama, langkah yang harus dilakukan adalah membuat halaman bisnis, bukan menggunakan profil pribadi, untuk mewakili bisnis Anda. Kedua, hubungkan URL halaman bisnis Anda. Setelah membuat halaman bisnis, Anda akan diberikan nomor dan URL yang secara otomatis ditetapkan. Ketiga, tambahkan foto.

Instagram Bisnis

Instagram Bisnis memberi Anda akses ke lebih banyak fitur Instagram, Keuntungan dengan menggunakan Instagram Bisnis adalah Anda dapat melacak kinerja bisnis dengan fitur insight. Menggunakan Instagram bisnis dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan tidak pada promosi produk.

Fitur dari Instagram Bisnis adalah tingkat keterlibatan (engagement rates) yang mencakup jumlah suka (likes), komentar (comments), dan pembagian konten (shares). Selain itu, Instagram Bisnis juga menyediakan informasi tentang traffic, yang menjelaskan siapa saja yang mengunjungi profil bisnis Anda. Ini memberikan wawasan yang berharga tentang calon konsumen Anda dan perilaku mereka dalam berbelanja.

TikTok Shop

TikTok Shop bisa dibilang sebagai media sosial paling baru yang memiliki fitur untuk berjualan. Jika Anda baru menggunakan TikTok, cara berikut dapat memudahkan Anda membuka toko online di TikTok.

Mengingat TikTok menjadi aplikasi yang banyak digunakan penduduk Indonesia, dapat diartikan juga ada banyak calon konsumen di TikTok. Mulai menggunakan TikTok dan bergabung dengan TikTok Shop adalah cara yang tepat untuk Anda para pebisnis bisa mengenalkan produk kepada calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *